Pro Dan Kontra Produk White Coffie yang mengandung lemak babi

Saya sangat keget ketika ada kabar yang menyebutkan bahwa kopi luwak white coffie mengandung lemak babi. Persoalannya jika itu memang benar berarti selama ini saya mengumsimsi bahan yang mengandung babi dong? Karena masimam adalah penggemar kopi yang juga sering menikmati harumnya white coffie dari kopi luwak. Oke, saya tidak bisa berdiam diri dan harus mencari kebenaran itu.

Permasalahannya adalah emulsifier E471 yang terkandung pada white coffie. Kode tersebut menurut para ahli adalah kode lemak babi. Saya ikut menghimbau pada kaum muslim untuk meneliti produk yang akan kita konsumsi dan mencocokannya dengan daftar kode E-CODES, berikut ini karena produk dengan kode-kode di bawah ini, positif mengandung lemak babi :

E100, E110, E120, E-140, E141, E153, E210, E213, E214, E216, E234, E252,E270, E280, E325, E326, E327, E337, E422, E430, E431, E432, E433, E434, E435, E436, E440, E470, E471, E472, E473, E474, E475, E476, E477, E478, E481, E482,E483, E491, E492, E493, E494, E495, E542, E570, E572, E631, E635, E904.

Berikut ini adalah gambar/ screenshoot yang membuktikan bahwa kopiluwak white coffie mengandung emulsifier E471.
Kode E 471

Pada komposisi white coffie memang tertulis kode emulsifier E471 yang disinyalir sebagai minyak babi. Tapi, apakah benar white coffie mengandung minyak babi?

Jawabannya bisa iya bisa tidak. Kenapa? Kita coba telusuri yah…

E adalah singkatan dari Europe atau European Union. sedangkan 3 angka di belakangnya adalah kode nomor jenis bahan. Adapun untuk kode E471 = mono- dan digliserida dari asam lemak (kode angka 400-499 teridir dari thickeners, gelling agents, phosphates, humectants, emulsifiers). E471 sendiri merupakan bahan pengemulsi, dimana fungsinya adalah sebagai aditif pada makanan, selain itu juga berfungsi untuk memudahkan proses pencampuran bahan antara minyak dan air. Bahan ini biasanya digunakan pada makanan yang mengandung lemak dan air, seperti es krim, kek, coklat dll, (itulah sebabnya susu pada es krim bisa tercampur, padahal secara proses, susu dan air itu tak dapat dicampur).

Emulsifier E471 sendiri dibuat dengan 2 bahan, yaitu tumbuhan dan hewan, untuk yang dibuat dari tumbuhan, Insya Alloh pasti halal, tapi untuk emulsifier E471 yang dibuat dari hewan , maka itu tergantung pada hewan yang digunakan dan bagaimana cara menyembelihnya.

Hal ini sesuai dengan undang-undang halal haram yang dikeluarkan oleh pemerintah Saudi terhadap bahan Emulsi ini, yaitu Mushbooh, Halal if it is from plant fat, Haraam if it is from pork fat, alias halal jika dari lemak tanaman, dan haram jika dari lemak babi.

Selain itu, ada bukti lain yang saya dapat dari nara sumber yang lain. Terdapat 2 kemasan yang berbeda pada white coffie, yaitu:

White Coffie kemasan 1.

Diberitakan bahwa ciri-ciri di gambar diatas terdapat ciri-ciri sebagai berikut:

1. Ada aksara China-nya.
2. Warna kemasan lebih soft.
3. Terdapat logo TM (Trade Mark).
4. Warna gambar biji kopi lebih cerah.
5. Komposisinya lengkap (selain itu dilengkapi dengan bahasa China).
6. Terdapat logo ‘health system’.
7. Dalam komposisi terdapat ‘Emulsifier E471’.

Untuk kemasan yang kedua, ditemui gambar seperti berikut:

Dalam kemasan kedua tersebut terdapat cirri-ciri sebagai berikut:

1. Tidak ada aksara China.
2. Warna kemasan lebih terang.
3. Tidak ada logo TM.
4. Warna gambar biji kopi lebih gelap.
5. Komposisi sangat ringkas dan hanya berbahasa Indonesia.
6. Tidak ada logo ‘health system’.
7. Tidak ada keterangan mengandung ‘Emusifier E471’.

Dengan beberapa bukti tersebut apakah kopi luwak white coffie mengandung lemak babi? Belum tentu juga brow, ini ada 2 hal yang membuktikan bahwa white coffie tidak haram.

Emulsifier E471 sendiri dibuat dengan 2 bahan, yaitu tumbuhan dan hewan, untuk yang dibuat dari tumbuhan, Insya Alloh pasti halal, tapi untuk emulsifier E471 yang dibuat dari hewan , maka itu tergantung pada hewan yang digunakan dan bagaimana cara menyembelihnya.

Hal ini sesuai dengan undang-undang halal haram yang dikeluarkan oleh pemerintah Saudi terhadap bahan Emulsi ini, yaitu Mushbooh, Halal if it is from plant fat, Haraam if it is from pork fat, alias halal jika dari lemak tanaman, dan haram jika dari lemak babi. Dari sini kita bisa berasumsi bahwa kopi luwak masih a,bigu antara haram dan halal.
Namun, pada kemasan white coffie yang pertama ataupun yang kedua sudah ada cap Halal dari MUI, Jadi Insya Allah bisa dipastikan bahwa Luwak White Coffie itu halal. Jadi bahwa bisa dipastikan produk ini halal. Logo Halal ini dikeluarkan oleh MUI atau Majelis Ulama Indonesia dan LPPOM. 
 
Namun kabar buruknya lagi, logo halal ini dapat dipalsukan!!!!
nandi deh, masimam kasih info soal logo halal yang resmi dikeluarkan oleh MUI.

Terus gimana dong ini? Kalau menurut saya sih jika anda yakin bahwa white coffie halal konsumsi saja dengan asumsi bahwa logo halal BENAR-BENAR dikeluarkan oleh MUI (Asli). Tapi jika anda RAGU-RAGU lebih baik jangan di konsumsi karena nanti kita dapat terjurumus mengkonsumsi makanan yang dilarang Allah S.W.T.  Masih banyak kok kopi yang lain yang dapat kita nikmati. :)

Terimakasih

Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. MamanFX' Blogs berhak menyaring Komentar yang akan ditampilkan. Sementara jika ingin mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk @email anda klick teks Subscribe by Email. Semoga dapat dimaklumi, atas atensi dan partisipasinya terima kasih.