✍ Cara Mengambil Screenshot pada Perangkat Android

Ini dia cara mengambil screenshot pada Perangkat Android
 
Assalamualaikum Wr. Wb
Pengambilan screenshot pada layar smartphone kebanyakan dibutuhkan oleh pengembang aplikasi, penulis artikel untuk melengkapi tulisan online, seperti yang Anda lihat pada artikel  tutorial ini. Namun tak jarang juga dari kita yang hanya sekedar iseng untuk mengambil screenshot pada layar smartphone, baik itu saat kita sedang memainkan game atau chattingan kita dengan teman dan sebagainya.



Berikut ini adalah beberapa penjelasan cara pengambilan screenshot pada smartphone Android. mengingat ada banyak perangkat Android yang memiliki betuk fisik yang berbeda tentunya akan ada sedikit perbedaan cara pengambilan screenshot pada layar Android.

1. SAMSUNG
  • Perangkat dengan tombol  Home fisik
    Bila perangkat yang anda miliki termasuk perngkat yang menggunakan tombol HOME fisik, Anda dapat mengambil screenshot dengan menekan tombol 'HOMET + POWER' secara bersamaan, tekan hingga layar berkilat sehingga muncul notifikasi bahwa screenshot sudah tertangkap. Contoh Smartphone dengan tombol HOME fisik

  • Perangkat tanpa tombol HOME fisik
    Perangkat samsung seperti Samsung Galaxy Camera dan Galaxy Note 10.1 tidak memiliki tombol Home fisik. Untuk pengambilan screenshotnya anda dapat menekan tombol "VOLUME naik dan tombol POWER' secara bersamaan, tahan hingga gambar terambil.

  • Perangkat dengan S pen
    Perangkat Android Samsung yang menggunakan S Pen seperti seri Galaxy Note, dapat menggunakan S Pen-nya untuk mengambil gambar screenshot. Caranya adalah dengan menekan tombol S Pen dan sentuhkan S Pen ke layar. Maka layar akan berkedip dan biasanya gambar screenshot akan terbuka otomatis.


2. HTC
Untuk perangkat Android HTC, cara mengambilan screenshot masih serupa dengan Perangkat Android Samsung yakni dengan menggunakan tombol 'Home dan tombol Power'. Namun cara mengekseskusinya sedikit berbeda yakni dengan menekan dan menekan tombol 'Power' terlebih dahulu lalu tekan tombol 'Home' dengan cepat. Layar akan berkedip dan akan terdengar suara kamera. Notifikasi juga akan muncul menunjukkan gambar screenshot sudah disimpan.

3. Sony Xperia
Pengambilan screenshot pada perangkat Androin Sony Xperia dengan menggunak tombol 'VULOME turun dan POWER' secara bersamaan hingga layar berkedip dan akan muncul notifikasi pengambilan screenshot telah berhasil.

4. LG
Untuk mengambil screenshot pada perangkat Android LG caranya sama dengan pengambilan screenshot pada Android Sony Xperia dengan menekan dan tahan tombol VOLUME turun dan tombol POWER secara bersamaan hingga layar berkedip.

5. Nexus
Pengambilan screenshot pada perangkat Android Nexus caranya juga sama dengan perangkat Sony Xperia dan LG, yakni dengan kombinasi tombol 'VOLUME turun dan tombol POWER' hinggal layar berkedip.

sumber Forum Kompas

Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. MamanFX' Blogs berhak menyaring Komentar yang akan ditampilkan. Sementara jika ingin mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk @email anda klick teks Subscribe by Email. Semoga dapat dimaklumi, atas atensi dan partisipasinya terima kasih.